Penilaian (assessment) buku catatan interaktif merupakan jenis
penilaian portofolio, dan menempati persentase paling besar dalam
pengukuran kuantitatif hasil belajar siswa--dengan kisaran antara
30%-50% dari nilai total siswa. Bobot sebesar ini dimaksudkan untuk
memberikan penekanan pentingnya arti buku catatan dalam proses belajar
siswa. Dengan melengkapi buku catatan dengan ketentuan yang sebenarnya,
selain akan mendapatkan sebuah bukti proses belajar (dan juga
meningkatnya kemampuan analitis sehingga akan mampu menyelesaikan soal
dengal baik), siswa juga menjadi terbiasa dengan pengorganisasian ide
dan konsep serta menjadi lebih terampil dalam merumuskan suatu rangkaian
proses yang berujung pada satu kesimpulan. Dengan demikian proses
belajar siswa lebih dihargai, dan diharapkan ada perubahan cara pandang
siswa terhadap proses belajar (bahwa belajar tidak semata-mata berarti
menjawab soal ulangan atau ujian) dan di ujungnya diharapkan juga ada
perbaikan sikap belajar, yaitu siswa lebih menikmati belajar sebagai
sebuah proses yang menyenangkan dan bermakna karena semua konsep
didapatkan dari sebuah proses belajar yang total melibatkan semua aspek
kecakapan yang ada pada manusia daripada mendapatkan pemahamannya dari
hafalan (biasanya berkisar pada definisi dan soal-soal pilihan ganda)
ataupun dari penjelasan ala ceramah yang abstrak.
Parameter penilaian yang digunakan dirangkum dalam satu tabel yang disebut
rubrik. Selain menjadi pegangan guru, rubrik juga bisa digunakan siswa dalam
menilai pencapaiannya setiap saat. Rubrik ini ditempelkan di halaman awal buku
catatan, sehingga bisa diakses dengan mudah oleh siswa. Diharapkan dengan
dicantumkannya rubrik di dalam buku catatan ini, siswa akan senantiasa dan terus
menerus mengupgrade performance-nya. Rubrik ini bisa dibuat berdasarkan
skor (1-5 atau 5-10) atau berdasarkan item yang wajib ada di buku catatan
(kerapian, daftar isi, halaman awal tiap unit, halaman
inkuri/pertanyaan-pertanyaan, input-output, daily reflection ataupun essai di
halaman akhir tiap unit). Penilaian berdasarkan skor memang lebih mudah dilakukan, namun penilaian
yang dilakukan hanya bersifat global dengan melihat secara sekilah kelengkapan
dan kualitas item yang ada di dalam buku catatan siswa. Penilaian yang lebih
fair adalah berdasarkan item, hanya saja cara ini lebih menyita waktu karena
harus melihat item satu persatu berikut skornya, dan selanjutnya melakukan
perhitungan untuk mendapatkan nilai akhir. Berikut ini link rubrik berbahasa Inggris.
Rubrik berdasarkan item
Rubrik berdasarkan skor
Categories
-
Menurut definisinya, Graphic Organizer adalah Grafik Visual yang menampilkan hubungan antara berbagai ide, konsep, fakta dan istilah d...
-
Untuk membuat buku catatan interaktif sangat mudah, yang kita butuhkan hanya sebuah buku catatan spiral ukuran 8,5 inchi x 11 inchi (i...
-
Penilaian (assessment) buku catatan interaktif merupakan jenis penilaian portofolio, dan menempati persentase paling besar dalam pengukura...
-
Seperti sudah dijelaskan di post sebelumnya, halaman sebelah kiri didedikasikan sepenuhnya untuk menampung berbagai hasil belajar mandi...
-
Kali ini saya akan membahas mengenai foldable (lipatan kertas). Sejarah foldable ini di dunia pendidikan berawal sekitar 40 tahun lalu,...
-
Buku Catatan Sains Interaktif (Interactive Science Notebook) merupakan suatu tool (alat) yang menunjang proses pembelajaran dengan metode ...
-
Buku catatan ini berbeda dengan buku catatan biasa karena buku ini akan merekam semua proses berpikir dan aktivitas belajar siswa. Buku...
-
Ada berbagai institusi yang melakukan riset dan memformulasikan skill yang diperlukan di abad 21. Salah satu di antaranya adalah ATC21S yang...
-
Halaman sebelah kanan digunakan untuk merekam semua kegiatan belajar selama di kelas dan difungsikan sebagai referensi bagi aktivitas mandir...
Blog Archive
Followers
About
Powered by Blogger.
Penilaian Buku Catatan
Thursday, May 9, 2013
Labels:
assessmen untuk buku catatan sains interaktif,
Buku catatan interaktif,
penilaian portofolio,
rubrik untuk buku catatan interaktif
Posted by Unknown at 11:12 PM
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment