Bagaimana Cara Membuat Buku Catatan Interaktif?

Friday, March 22, 2013 Labels: , , , , ,




Untuk membuat buku catatan interaktif sangat mudah, yang kita butuhkan hanya sebuah buku catatan spiral ukuran 8,5 inchi x 11 inchi (ini adalah ukuran kuarto, namun di Indonesia ukuran kuarto sering dianggap sama dengan A4, padahal ukuran A4 adalah 8 inchi x 11 inchi) atau bisa juga diganti dengan ukuran A4. Anda dapat membelinya secara eceran ataupun grosir di toko-toko buku—dulu saya pernah punya buku spiral merk Paperline keluaran Tjiwi Kimia namun saat ini sepertinya jenis buku ini sudah langka di pasaran, terakhir saya telusuri sudah tidak ada. Mungkin mereka sudah tidak memproduksi lagi atau masih ada produksinya namun lebih diorientasikan ke pasar ekspor. Yang banyak saya temukan buku spiral ukuran B5 (ukurannya lebih kecil dan tidak ideal untuk kita gunakan untuk buku catatan interaktif) produksi Cina dan Jepang. Saya sarankan jika anda seorang guru yang hendak mengimplementasikan pengajaran dengan menggunakan buku ini—dan anda ingin semua siswa anda menggunakan jenis buku yang sama, anda dapat memesannya secara custom di percetakan-percetakan terdekat (biasanya hanya melayani pemesanan dalam jumlah yang besar). Ini dapat menghemat pengeluaran bila dibandingkan kalau anda membelinya di toko buku dan alat tulis.

 















 




Kemudian untuk menggunakan buku ini sehari-hari anda membutuhkan beberapa perlengkapan alat tulis (stationery), yaitu:
             1. Pensil biasa dan penghapus
Pensil digunakan untuk menuliskan sesuatu yang belum diverifikasi kebenarannya atau sejumlah kata dan kalimat yang mungkin nanti perlu dihapus.

             2. Pensil berwarna atau crayon
Pensil berwarna digunakan untuk mewarnai tulisan ataupun gambar. Buku yang berwarna-warni akan berefek pada timbulnya semangat dan fokus, selain efek estetika atau keindahan.

             3 . Pulpen dan Stabilo
Pulpen digunakan untuk menuliskan konsep ataupun keterangan yang sifatnya sudah pasti atau tidak perlu dihapus.
             
             4. Gunting
Proses inkuiri nantinya akan membutuhkan banyak hand-out berupa penjelasan materi, ringkasan materi serta worksheet serta hasil print-an siswa dari internet, Koran dan majalah yang harus ditempelkan pada buku catatan. Untuk itu semua bahan ini perlu dirapikan dahulu (karena kebanyakan siswa ternyata peduli pada kerapian buku catatannya).
             
             5. Sticky Notes atau Post It
Sticky notes ini digunakan untuk menampung tambahan pertanyaan, ide dan konsep, gambar siswa yang belum terwakili di catatan yang sudah ada dan ditempelkan pada halaman yang bersesuaian dengan isi pada sticky note-nya.
             
             6. Selotip atau Isolasi Kecil
Semua proses penempelan akan dilakukan dengan selotip dan bukan lem, ini dikarenakan lem akan membuat halaman menjadi kisut sehingga sangat mengganggu halaman di baliknya. Sebaliknya selotip membuat penempelan menjadi mudah, bersih dan rapi sehingga aspek estetika tetap terjaga dan tidak mengganggu fungsi hal di baliknya.

Semua perlengkapan di atas dapat dengan mudah dibeli di toko-toko buku dan stationery.

0 comments:

Post a Comment