Penggunaan Buku Catatan Interaktif

Tuesday, March 26, 2013 Labels: , , , , , , ,



Buku catatan ini berbeda dengan buku catatan biasa karena buku ini akan merekam semua proses berpikir dan aktivitas belajar siswa. Buku catatan biasa, biasanya diisi oleh salinan materi pelajaran yang diberikan oleh guru di papan tulis, dan siswa menggunakan seluruh bagian buku untuk semua penulisan termasuk latihan soal, sedangkan buku catatan interaktif akan dibagi menjadi dua halaman, yaitu halaman sebelah kiri (output) yang diperuntukkan bagi siswa dan sebelah kanan (input) yang menampung aneka informasi yang didapatkan oleh siswa seperti catatan dari guru di papan tulis, hand-out, ringkasan materi dari slide power point, dan bahan-bahan informasi lain (video, internet, majalah, buku, pendapat para ahli dan lain-lain). Secara singkat pembagian ini disajikan dalam table berikut ini.


Adapun pembagian komponen buku catatan interaktif didasarkan pada alur berpikir siswa. Pembagiannya bisa dituliskan sebagai berikut:
1. Cover/sampul depan. Bagian ini merupakan bagian depan buku dan memuat identitas siswa dan mata pelajaran. Untuk menarik minat dan semangat kepemilikan (buy-in) siswa sangat dianjurkan untuk mengkustom tampilan sampul depan bukunya sesuai dengan mata pelajarannya (biasanya dengan gambar yang bisa dibuat sendiri ataupun yang diambil dari internet dan majalah).
2. Daftar Isi (table of content). Bagian ini ditempel di bagian belakang sampul depan. Daftar ini dibagi menjadi dua bagian, halaman kiri dan halaman kanan. Siswa akan terus meng-update daftar ini seiring dengan bertambahnya isi buku mereka.
3. Rubrik dan panduan lainnya. Dokumen-dokumen ini akan menempati 8 halaman awal buku, dan merupakan panduan bagaimana memfungsikan buku catatan dengan baik. Bagian ini akan diprint dan dibagikan ke tiap siswa oleh guru.
4. Halaman Unit/bab (Unit Page). Bagian ini menempati halaman 9, merupakan bagian awal dari setiap unit/bab dan berisi ilustrasi/gambar-gambar yang berhubungan dengan unit/bab yang sedang dipelajari.
5. Aha Connection Page. Halaman ini terdiri dari 2 halaman (kiri dan kanan) dan berfungsi menampung pertanyaan ataupun ide besar serta jawabannya yang mendasari semua aktivitas inkuiri di satu unit/bab. Pertanyaan-pertanyaan brainstorming siswa juga bisa ditambahkan belakangan di halaman ini seiring dengan berkembangnya pemahaman siswa mengenai konsep yang sedang dipelajarinya. Jika ruang di bagian ini menipis, siswa bisa menuliskannya di sticky note dan menempelkannya di Aha Connection Page ini.
6. Halaman Output-Input. Halaman ini berisi beberapa pasangan halaman kiri dan kanan, berisi hal-hal yang dijelaskan pada tabel di atas.
7. Self-Reflection Page (Halaman Refleksi). Pada bagian akhir tiap-tiap unit, siswa akan menuliskan lima paragraf refleksi atas apa yang sudah mereka hasilkan untuk satu unit/bab. Tulisan ini akan mencerminkan kedalaman pemahaman dan perkembangan kecakapan (skill) mereka.
8. Aha Connection Thesis Page (Halaman Thesis). Pada bagian ini siswa akan menuliskan sebuah tesis yang mencerminkan sebuah proses ilmiah, mulai dari pertanyaan, hipotesis, data-data atau bukti-bukti yang mendukung, analisis serta kesimpulan.

0 comments:

Post a Comment