Kali ini saya akan membahas
mengenai foldable (lipatan kertas). Sejarah foldable ini di dunia pendidikan
berawal sekitar 40 tahun lalu, ketika seorang guru yang bernama Dinah Zike
memulai inovasi menggunakan lipatan-lipatan kertas untuk membantu murid-muridnya
mengorganisasikan ide, teori dan konsep pelajaran yang dipelajarinya. Kini beliau sudah mengembangkan teknik ini untuk semua mata pelajaran dan sudah direkam dalam buku-bukunya yang bisa didapatkan di amazon.com.
Cukup sekian dulu sejarahnya, sekarang kita tinjau apa itu foldable? Apakah ia sama seperti origami? Pada dasarnya semua teknik melipat kertas bisa disebut sebagai origami (berasal dari Jepang). Perbedaannya adalah foldable ini dikembangkan dalam dunia pendidikan untuk membantu guru mengarahkan aktivitas belajar siswanya dengan melibatkan aspek kinestetis, sehingga belajar di dalam kelas tidak hanya didominasi oleh aspek kongnitif saja, Sejatinya foldables
adalah graphic organizer dalam format tiga dimensi. Graphic organizer membantu
mengorganisasikan ide, teori dan konsep sehingga siswa bisa dengan mudah merekam perbandingan, dan detail konsep yang sedang dipelajari. Keuntungannya: siswa jadi lebih fokus dan
terarah di dalam aktivitas di kelas serta tidak mudah lupa dengan konsep yang
sudah dipelajari. Proses pembuatannya pun mudah, cukup dengan kertas (disarankan menggunakan kertas warna-warni), gunting, pensil berwarna atau krayon serta lem. Bentuk-bentuk lipatan ini secara lengkap dapat anda lihat di buku induknya Dinah Zike, namun ada beberapa bentuk yang bisa anda lihat dan copy dari internet secara gratis.
Proses pembuatan foldables ini hendaknya dilakukan oleh siswa dengan
bimbingan dan contoh dari guru. Sebelum diberikan ke siswa, guru perlu mencoba
membuat dan meletakkannya di dalam notebook, takut kalau-kalau tidak pas. Idealnya
dilakukan sebagai assignment baik di kelas ataupun PR (tergantung pada waktu
yang tersedia untuk topik tersebut). Kegiatan ini bisa dilakukan secara mandiri oleh siswa, namun
memerlukan penjelasan dan contoh dari guru pada awalnya, sehingga nantinya para
siswa akan dengan sendirinya akan melanjutkan usaha seperti ini. Guru bisa
memberikan materi yang akan dimasukkan ke dalam foldable ini dengan menggunakan
slide ataupun lewat materi bacaan yang diprint (handout).
Jenis lipatan (foldable) disesuaikan
dengan topik pelajaran; apakah topik tersebut memuat perbandingan, urutan atau
pembagian dan penjelasan detail, sebab sifat dari topic ini akan menentukan
jenis lipatan. Berikut ini pembagian jenis lipatan berdasarkan jumlah pembagian
konsep beserta topik Fisika yang bersesuaian dengan jenis lipatannya.
Jumlah Konsep
|
Jenis Lipatan
|
Topik
|
Satu
|
Setengah buku (Half book), Buku yang dilipat (folded
book), Buku Tiga Perempat (Three quarter book), Large Matchbook, Bound Book
|
Hukum Hooke, Hukum Archimedes, Usaha, Daya, Hukum
Ohm
|
Dua
|
Buku dengan Dua Tab (Two Tab Book), Buku Saku (Pocket
Book), Shutterfold, Matchbook cut in Half, Concept Map with two tab
|
Energi Mekanik, Arus Listrik (AC dan DC),
Mekanika fluida (statis dan dinamis), Gaya (setimbang dan tidak setimbang),
Jenis gaya gesek, Jenis Inertia, Hukum Kekekalan Energi dan Massa, Hukum
Kirchhoff, Dualisme Gelombang dan Partikel
|
Tiga
|
Buku denga Tiga Lipatan (Threefold book), Buku
dengan Tiga Tab (Three-tab book), Buku Piramida (Pyramid book), Layered look
book
|
Jenis Pengungkit, Hukum Newton tentang gerak,
Perpindahan Panas, Hukum Gravitasi dan hukum Coulomb, Rangkaian RLC
|
Empat
|
Four tab book, Standing Cube, Top-tab book,
Four-Door book
|
Fase Benda, Listrik Statis,
|
Sembarang
|
Akordeon, Pop-up book, Sentence strip holder,
folded Table, Pyramid Mobile, Multiple-pocket Book
|
Jenis-jenis gaya, Properti dari Magnet, Teori
Relativitas, teori Atom, Pesawat Sederhana,
|
Contohnya, jika anda ingin menggunakan foldable ini untuk topik pelajaran tentang hukum-hukum Newton, dan ini berarti topik tersebut bersifat pembagian (hukum Newton pertama, kedua dan ketiga),
sehingga berdasarkan table di atas, maka jenis lipatan yang cocok adalah three
folds. Begitu juga dengan topik-topik yang lain bisa dilihat pada tabel di atas. Penggunaan foldable ini bisa
diintegralkan dengan buku catatan interaktif, dengan meletakkannya di halaman
sebelah kiri sebagai bagian dari proses analisis dan pengkoneksian antar
berbagai konsep, ide dan teori yang sudah dipelajari oleh siswa.
0 comments:
Post a Comment