Lebih Jauh tentang Input

Wednesday, March 27, 2013 Labels: , , , , , , ,

Halaman sebelah kanan digunakan untuk merekam semua kegiatan belajar selama di kelas dan difungsikan sebagai referensi bagi aktivitas mandiri siswa yang dialokasikan di sebelah kiri. Sumber referensi yang ditulis di sebelah kanan ini hanya diperuntukkan untuk konsep, informasi ataupun ide yang berasal dari aktivitas di dalam kelas (suatu aktivitas belajar dibawah arahan seorang guru). Ada berbagai metode yang bisa digunakan untuk menyampaikan materi ke kelas, di antaranya;

  1. metode ceramah. Metode ini biasanya terasa membosankan tidak hanya bagi siswa, tapi juga bagi guru. Guru menerangkan konsep sambil mencatat di papan tulis, sedangkan siswa mendengarkan sambil mencatat apa yang ada di papan tulis--sungguh suatu hal yang sangat membosankan. Untuk menghindari hal ini, guru bisa memvariasikannya dengan menggunakan video dan slide power point. Hanya saja sebelum melakukannya, guru harus merancang panduan kegiatan agar siswa lebih mampu menangkap apa yang disajikan di depannya, contohnya guru bisa membagikan ke siswa slide-slide yang hendak ditayangkan.
  2. Metode inkuiri. Dengan metode ini guru akan lebih rileks, sebab semua aktivitas terfokus pada siswa. Guru bisa membuat lembar kerja (worksheet) dan membagikannya kepada siswa. Namun, walaupun semua aktivitas ini seakan-akan seperti autopilot, guru harus tetap mengawasi semua proses di kelas dan mengubah perannya sebagai fasilitator (menjaga fokus siswa) dan katalisator (menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan dan mempercepat proses belajar). 
Selain dari kegiatan di kelas, siswa juga bisa mendapatkan informasi melalui media lainnya seperti internet, koran, majalah. Dan karena didapatkan dari luar kegiatan di kelas, maka semua informasi tambahan ini tidak dituliskan di halaman sebelah kanan, namun sebaliknya (kiri). Paduan semua jenis informasi ini baik dari dalam kelas maupun luar kelas nantinya akan dijadikan sebagai bukti-bukti (line of evidences) yang akan menguatkan atau melemahkan hipotesis siswa yang sudah diformulasikan sebelumnya. Sebagai tambahan anda bisa melihat contoh input page di bawah ini:


0 comments:

Post a Comment